Rabu, 15 Januari 2014

PENALARAN DEDUKSI (TUGAS 3 DAN 4)



1. Semua S adalah P 
Semua Padalah S
Semua daun adalah hijau
Sebagian yang hijau adalah daun

Semua makhluk hidup adalah bergerak
Sebagian yang bergerak adalah makhluk hidup

2. Tidak satupun S adalah P
Tidak satupun P adalah S
Tidak satupun bajaj adalah bemo
Tidak satupun bemo adalah bajaj

Tidak satupun harimau adalah kucing
Tidak satupun kucing adalah harimau

3. Semua S adalah P
Tidak satupun S adalah tak P
Semua ayam adalah bertelur
Tidak satupun ayam yang tidak bertelur

Semua tahu adalah terbuat dari kedelai
Tidak satupun tahu yang tak terbuat dari kedelai

4. Tidak satupun S adalah P
Semua S adalah tak P
Tidak satupun hiu adalah paus
Semua paus adalah tak hiu

Tidak satupun hamster adalah tikus
Semua hamster adalah tak tikus

5. Semua S adalah P
Tidak satupun S adalah tak P
Tidak satupun tak P adalah S
Semua badak adalah bercula
Tidak satupun badak adalah tak bercula
Tidak satupun yang tak bercula adalah badak

Semua gula adalah manis
Tidak satupun gula adalah tak manis
Tidak satupun yang tak manis adalah gula



PENALARAN DEDUKSI (SECARA TIDAK LANGSUNG)

1)  Contoh Kalimat Silogisme Kategorial
Semua ayah adalah kepala keluarga
Budi adalah ayah
Jadi, Budi adalah kepala keluarga

Semua pesawat adalah terbang
Lion Air adalah pesawat
Jadi, Lion Air adalah terbang
2) Contoh Kalimat Silogisme Hipotesis
Jika dingin saya memakai jaket
sekarang dingin
jadi saya memakai jaket

jika tidak dingin maka saya tidak memakai jaket
sekarang tidak dingin
jadi saya tidak memakai payung
3) Contoh Kalimat Silogisme Alternatif
Adit sedang makan soto atau sop
Adit sedang makan soto
Jadi Adit tidak makan sop

Suci pergi ke pasar atau ke mall
Suci pergi ke pasar
Jadi Suci tidak pergi ke mall
4) Contoh Kalimat Silogisme Entismen
Dia seorang koki
Jadi dia pintar memasak
Dwiky pintar memasak jadi dia seorang koki


5) Contoh Kalimat Rantai Deduksi
Semua jamu pahit rasanya.
Kali ini saya diberi lagi jamu.
Sebab itu, jamu ini juga pasti pahit rasanya.
Saya tidak suka akan minuman yang pahit rasanya.
Ini adalah jamu pahit.
Sebab itu, saya tidak suka jamu ini.
Saya tidak suka minum apa saja, yang tidak saya senangi
Saya tidak suka minuman ini.
Sebab itu saya tidak meminumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar